PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Keywords:
STAD, komik, hasil belajarAbstract
Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model STAD Berbantuan Media Komik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan desain one grup Pre-test Post-tes, pengambilan sampel secara random sampling, menggunakan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Analisis data menggunakan uji N-gain untuk mengetahui hasil belajar. Berdasarkan uji N-gain didapat hasil belajar 0,7 jika dilihat dari kriteria N-Gain, hasilnya berada pada kriteria tingkat tinggi dan data yang diperoleh menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa sebesar 83%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model STAD Berbantuan Media Komik dalam proses pembelajaran biologi khususnya pada materi Sistem Pencernaan Pada Manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam sebuah kegiatan pembelajaran.
References
Achmad, Munib. (2011). Pengantar Ilmu Pendidikan, Unnes Press, Semarang
Ade Nurlatifah dan Septi. (2017). Pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Keaktifan Siswa. Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Vol 4. No:2 Anggraeni, A. D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Biologi Pokok Bahasa Pencemaran Lingkungan Untuk Siswa Kelas VII SMP.
Arinkunto, Suharsimi. (2012). Prosedue Penelitian. Jakarta:n Rineka Cipta
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Damopolii, Lefaan, P. Th. Dan Manga, M. (2017). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Di SMP 21 Rendani
Ginanjar, G.G. (2018) Penggunaan media komik dalam ketrampilan Menulis Laporan. Jurnal Ilmiah pendidikan Guru sekolah dasar, 5(2), 372-379.
Maulana, P., & Akbar, A. (2017). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (student team achievement division) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman di sekolah dasar. Jurnal pesona dasar.
Rohmawati, N E. Pendidikan, S., Mandiri, B., Bahasa, F., Surabaya, U. N., Wibisono,G.,& Ed, M. (2017). Penggunaan media komik berbahasa mandarin terhadap ketrampila membaca pemahaman bahasa mandarin.
Sihombing, L, N, Panjaitan, M. B, Sinaga, C. V. R. & Silalahi, M. V. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skylandsea Profesional Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Teknologi, 1(2), 221-235.
Slavin, Robert E. (2015). Cooperatif Learning. Bandung: Nusa Media
Sugiyono. (2011). Penelitian menggunakan claster random sampling
Wardana,Ika. (2017).Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Studen Teams achiviment division (STAD) untuk meninngkatkan hasil belajar siswa.
Zulbahri. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Bandung:tarsito.
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.