PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Juan Lunat Ome Institut Pendidikan Soe Author
  • Agsen H. S. Billik Institut Pendidikan Soe Author
  • Marince I. Leo Institut Pendidikan Soe Author

Keywords:

STAD, komik,  hasil belajar

Abstract

Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model STAD Berbantuan Media Komik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan desain one grup Pre-test Post-tes, pengambilan sampel secara random sampling, menggunakan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Analisis data  menggunakan uji N-gain untuk mengetahui hasil belajar. Berdasarkan uji N-gain didapat hasil belajar 0,7 jika dilihat dari kriteria N-Gain, hasilnya berada pada kriteria tingkat tinggi dan data yang diperoleh menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa sebesar 83%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model STAD Berbantuan Media Komik dalam proses pembelajaran biologi khususnya pada materi Sistem Pencernaan Pada Manusia dapat meningkatkan hasil  belajar siswa dalam sebuah kegiatan pembelajaran.

 

 

References

Achmad, Munib. (2011). Pengantar Ilmu Pendidikan, Unnes Press, Semarang

Ade Nurlatifah dan Septi. (2017). Pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Keaktifan Siswa. Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Vol 4. No:2 Anggraeni, A. D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Biologi Pokok Bahasa Pencemaran Lingkungan Untuk Siswa Kelas VII SMP.

Arinkunto, Suharsimi. (2012). Prosedue Penelitian. Jakarta:n Rineka Cipta

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Damopolii, Lefaan, P. Th. Dan Manga, M. (2017). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Di SMP 21 Rendani

Ginanjar, G.G. (2018) Penggunaan media komik dalam ketrampilan Menulis Laporan. Jurnal Ilmiah pendidikan Guru sekolah dasar, 5(2), 372-379.

Maulana, P., & Akbar, A. (2017). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (student team achievement division) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman di sekolah dasar. Jurnal pesona dasar.

Rohmawati, N E. Pendidikan, S., Mandiri, B., Bahasa, F., Surabaya, U. N., Wibisono,G.,& Ed, M. (2017). Penggunaan media komik berbahasa mandarin terhadap ketrampila membaca pemahaman bahasa mandarin.

Sihombing, L, N, Panjaitan, M. B, Sinaga, C. V. R. & Silalahi, M. V. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skylandsea Profesional Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Teknologi, 1(2), 221-235.

Slavin, Robert E. (2015). Cooperatif Learning. Bandung: Nusa Media

Sugiyono. (2011). Penelitian menggunakan claster random sampling

Wardana,Ika. (2017).Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Studen Teams achiviment division (STAD) untuk meninngkatkan hasil belajar siswa.

Zulbahri. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Bandung:tarsito.

Published

2024-01-11

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA . (2024). Jurnal Edusaintek, 1(2), 21-26. https://ejurnal.ips.ac.id/index.php/JE/article/view/25

Similar Articles

11-20 of 23

You may also start an advanced similarity search for this article.