MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL CORE
Keywords:
Kemampuan koneksi matematis, Model COREAbstract
Keterampilan menghubungkan ikonsepi imatematikai dengan pengetahuan ilaini atau konteks kehidupan sehari-hari disebut ikemampuani ikoneksii matematis. Hasil kerja siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Mollo Utara menunjukkan bahwa kemampuan ini masih rendah. Observasi di kelas menunjukkan siswa kurang fokus karena pembelajaran belum melibatkan mereka secara aktif dan tidak memberi ruang untuk mengembangkan koneksi matematis. Tujuannya adalah untuk menyajikan kajian terkait peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran CORE. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif. Jenis desain yang digunakan adalah pre-eksperimental, dengan desain one-group pre-test dan post-test. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IX, dengan sampel kelas IX.5 yang dipilih secara simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes berbentuk soal uraian, yang mencakup pre-test dan post-test. Langkah pengolahan data yang digunakan adalah dengan uji t-sampel berpasangan dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dilanjutkan dengan N-gain untuk mengetahui seberapa besar peningkatan. Hasil analisis diperoleh nilai -thitung = -9,759<-ttabel = -2,086, dimana nilai α sebesar 0,05. Temuan ini mengindikasikan adanya peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa dengan pembelajaran model CORE yang besar peningkatan ini termasuk dalam kategori sedang, ditunjukkan oleh nilai N-gain sebesar 0,43.
References
Amir, Z., & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Aswaja Pressindo.
Apipah, S., & Kartono. (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Model Pembelajaran Vak dengan Self Assessment. UJMER, 6(2), 148–156.
Auliani, A., Karim, K., & Amalia, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran CORE Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SENPIKA), 112–117.
Damayanti, D., & Purwaningrum, J. P. (2022). Model Pembelajaran CORE berbantuan LMS Moddle pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung berbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Kelas IX. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 13–22.
Dwiutami, A. N., & Budilestari, P. (2018). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA melalui Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending). Intermathzo, 3(2), 88–96.
Hakiki, S. N., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Kubus dan Balok Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 101–110.
Indriani, N. D., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis melalui Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending dan Means Ends Analysis. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 339–352.
Jahring. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis pada Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending dan Numbered Head Together. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 182–189. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2667
Khairunnisa, K., & Amidi. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education dengan Model CORE dan Strategi Outdoor Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. PRISMA, 5, 537–550.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.
Mardiana, Deswita, H., & Isharyadi, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran CORE terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII SMP N 3 Rambah. Jurnal ABSSI, 2(2), 180–187.
Oktaviani, D., Lukman, H. S., & Agustiani, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran CORE terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Kognitif. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 11(2), 384–394. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2391
Prasetia, Y., Wijayanti, K., Dewi, N. R., Mashuri, & Veronica, R. B. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis pada Model Pembelajaran CORE. PRISMA, 3, 490–496.
Prasetyo, K. B., Sukestiyarno, Y. L., & Cahyono, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Self-Efficacy Siswa Kelas VII Pokok Bahasa Geometri. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 975–980.
Rohmah, S. N. (2021). Strategi Pembelajaran Matematika. UAD PRESS.
Sugiarti, I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA. SENDINUSA, 3(1), 118–125.
Yadin, M., Rohaeti, E. E., & Zanthy, L. S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(5), 337–344.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.