PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NHT BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X ASISTEN PERAWAT B PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMK KENCANA SAKTI HAUMENI
Keywords:
NHT, media gambar, hasil belajarAbstract
Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model NHT Berbantuan Media Gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan desain pre-eksperimental design, pengambilan sampel secara random sampling, menggunakan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Analisis data menggunakan uji N-gain untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan uji N-gain didapat hasil belajar 0,7 jika dilihat dari kriteria N-Gain, hasilnya berada pada kriteria tingkat tinggi dan data yang diperoleh menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa sebesar 80%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model NHT Berbantuan Media Gambar dalam proses pembelajaran biologi khususnya pada materi keanekaragaman hayati dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam sebuah kegiatan pembelajaran.
References
Arikunto, S. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta : Bumi Aksara.
Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Marina, 2016. Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Materi Penyesuaian Makhluk Hidup Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Dipadu Dengan Model Picture And Picture Yang Dikembangkan Melalui Lesson Study. 2(1): 256-269
Narbuko, C dan Achmadi.A. 2005. Metodologi Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara
Permana. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPS SD. Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara.1(2)
Rahimah. 2017. Penerapan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sdn 003 Tembilahan Kota Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. 6(2) : 528-538
Sudijono. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Supartini. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT Berbantuan Alat Peraga Sederhana terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika. Universitas Pendidikan Ganesha.
Wahyuddin. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada Siswa Kelas V SD Negeri 75 Ujungpero Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo. Suska Journal of Mathematics Education. 3(1)
Zulbahri. 2020. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA 2 di SMAN 1 Manyak Payed Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture pada Materi Keanekaragaman Hayati. Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora. 8(7): 1175-1182.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ramia Y. Banu, Agsen H. S. Billik, Marince I. Leo, Matheos J. Takaeb (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.