PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NHT BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X ASISTEN PERAWAT B PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMK KENCANA SAKTI HAUMENI

Authors

  • Ramia Y. Banu Institut Pendidikan Soe Author
  • Agsen H. S. Billik Institut Pendidikan Soe Author
  • Marince I. Leo Institut Pendidikan Soe Author
  • Matheos J. Takaeb Institut Pendidikan Soe Author

Keywords:

NHT, media gambar, hasil belajar

Abstract

Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model NHT Berbantuan Media Gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan desain pre-eksperimental design, pengambilan sampel secara random sampling, menggunakan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Analisis data  menggunakan uji N-gain untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan uji N-gain didapat hasil belajar 0,7 jika dilihat dari kriteria N-Gain, hasilnya berada pada kriteria tingkat tinggi dan data yang diperoleh menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa sebesar 80%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model NHT Berbantuan Media Gambar dalam proses pembelajaran biologi khususnya pada materi keanekaragaman hayati dapat meningkatkan hasil  belajar siswa dalam sebuah kegiatan pembelajaran.

References

Arikunto, S. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Marina, 2016. Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Materi Penyesuaian Makhluk Hidup Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Dipadu Dengan Model Picture And Picture Yang Dikembangkan Melalui Lesson Study. 2(1): 256-269

Narbuko, C dan Achmadi.A. 2005. Metodologi Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara

Permana. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPS SD. Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara.1(2)

Rahimah. 2017. Penerapan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sdn 003 Tembilahan Kota Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. 6(2) : 528-538

Sudijono. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Supartini. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT Berbantuan Alat Peraga Sederhana terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika. Universitas Pendidikan Ganesha.

Wahyuddin. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada Siswa Kelas V SD Negeri 75 Ujungpero Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo. Suska Journal of Mathematics Education. 3(1)

Zulbahri. 2020. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA 2 di SMAN 1 Manyak Payed Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture pada Materi Keanekaragaman Hayati. Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora. 8(7): 1175-1182.

Downloads

Published

2023-11-25

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NHT BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X ASISTEN PERAWAT B PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMK KENCANA SAKTI HAUMENI. (2023). Jurnal Edusaintek, 1(1), 44-52. https://ejurnal.ips.ac.id/index.php/JE/article/view/7

Similar Articles

1-10 of 23

You may also start an advanced similarity search for this article.