PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA

Authors

  • Kartini Kali Pande Institut Pendidikan Soe Author
  • Ruth N.K. Mellu Institut Pendidikan Soe Author

Keywords:

Problem Based Learning, learning, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas VIII-E SMP N 2 Soe pada materi pesawat sederhana. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Exsperimental), dengan desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik di SMP Negeri 2 Soe sedangkan sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII-E berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data dalam peneltian ini adalah teknik tes dengan alat pengumpulan data berupa soal tes berjumlah 15 nomor  yang bertujuan untuk mengukur prestasi belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis uji-t parametriks jika data berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar meningkat berdasarkan hasil analisis uji t yaitu nilai thitung 3.662 > nilai ttabel 3.224 sehingga  Ha diterima artinya ada pengaruh penggunaan model PBL terhadap prestasi belajar peserta didik. Nilai rata-rata kelas yaitu 80 lebih besar dari pada nilai KKM 73, sehingga dapat dikatakan ada peningkatan prestasi belajar peserta didik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Baset Learning dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik.

References

Amir, R. H. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematics) dalam Pembelajaran IPA Konsep Sumber Energi pada Siswa Kelas IV SD Pertiwi Makassar.

Anwar, K., & Khairina, S. L. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pelajaran IPA Materi Pokok Zat dan Wujudnya Di Kelas IV SD Negeri 064977 Bhayangkara T.P. 2013/2014. Jurnal Pendidikan, 1(1), 164–181.

Choirunnisa, S. (2021). Pengaruh permainan “kartu kuartet” terhadap hasil belajar siswa pada materi pesawat sederhana. Prosiding Seminar Pendidikan 2021 PGSD, 1(1), 20–24.

Etiubon, R. U., & Ugwu, A. N. (2016). Problem-based learning and students' academic achievement on thermodynamics (A case study of University of Uyo, Akwa-İbom state, Nigeria). IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 6(5), 36-41.

Fartina, F., Hizbi, T., Zahara, L., Wardi, Z., & Wardika, D. S. (2022). Pengaruh Media Komik Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa. Kappa Journal. 6(2), 411-419.

Herminarto Sofyan. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. 6(3), 260-271.

Istiatutik, I. (2017). Penerapan Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 1(1), 45-51.

Maani, S. T. (2016). Penerapan Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XII SMA Muhammadiyah Bolo Tahun Pelajaran 2015/2016. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 1(1), 178-189.

Nurqomariah, dkk. (2015). Pengaruh model PBL dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA fisika siswa kelas VII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(3), 173-178.

Pohan, A.M., Asmin, Menanti, A. (2020). The Effect of Problem Based Learning and Learning Motivation of Mathematical Problem Solving Skills of Class 5 Students at SDN 0407 Mondang. Budapest International Based Learning (PBL) terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa dengan Menggunakan Tes Open Ended. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPII). 3(1), 8–11.

Rahmat, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 144-159.

Sinmas, W. F., Sundaygara, C., & Pranata, K. B. (2019). Pengaruh PBL Berbasis Flipped Class terhadap Prestasi ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(3), 14-20.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Bandung: Pramedia Group.

Surbakti, M., Manullang, R., & Pane, J. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning. Jurnal Visi Eksakta (JVIEKS), 2, 72-85.

Uki, F., & Ilham, A. (2020). Pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar di sdn 03 limboto barat kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 89-95.

Yuniati, N. N. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 8(1).

Wirata, I. N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa. Jurnal pendidikan dan pembelajaran IPA Indonesia, 9(3), 139-145.

Downloads

Published

2023-11-25

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA. (2023). Jurnal Edusaintek, 1(1), 39-43. https://ejurnal.ips.ac.id/index.php/JE/article/view/6

Similar Articles

1-10 of 23

You may also start an advanced similarity search for this article.