MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING
Keywords:
motivasi belajar, problem based learningAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI SD Inpres Klofo melalui metode Problem Based Learning (PBL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus yang terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa metode Problem Based Learning memberikan efek positif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Peserta didik menjadi lebih antusias, mandiri, aktif, dan berkembang dalam kemampuan berpikir kritis, memecahkan masalah, dan mentransfer pengetahuan untuk memahami masalah dunia nyata.
References
Christin, J. dan Mukzam, D. (2017). Pengaruh motivasi internal dan eksternal terhadap kinerja karyawan (studi kasus pada karyawan pt indomarco prismatama distribution centre bogor). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab) 50 (5)
Djarwo, C. F. (2020). analisis faktor internal dan eksternal terhadap motivasi belajar kimia siswa sma kota Jayapura. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram 7(1)
Handoko, H. T. (2001). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE.
Hartini, Muhfizar, Saryanto, Ningsih, A., Rudiyanto. M., Nasution, F., Nurhikmah, Badrianto, Y., Dewi, N. S., Kasanova, R., Wardhana, A., Djampagau, H. R. D., dan Rochmi, A. (2020). Pengantar Manajemen (Teori Dan Konsep) Bandung: CV. Media Sains Indonesia
Ilyas, H. M. dan Syahid, A. (2018). Pentingnya metodologi pembelajaran bagi guru. Jurnal Al-Aulia 04 (01).
Melayu, H. (1996). Organisai dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misykat, 03 (01)
Prawira, P. A. (2014). Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Yogyakarta, Ar-Ruzz Media.
Syamsidah dan Suryani, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL) Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan. Yogyakarta: Deepublish
Uno, H B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ward, 2002; Stepien, dkk.,(1993). www.lubisgrafura.wordpress.com
Zaduqisti, E. (2010). Problem-Based learning (konsep ideal model pembelajaran untuk peningkatan prestasi belajar dan motivasi berprestasi). Forum Tarbiyah 8 (2).
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.