MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING

Authors

  • Eklesiana Dorkas Louisa Lakapu SD Inpres Klofo Author
  • Heidy Wulandari Institut Pendidikan Soe Author

Keywords:

motivasi belajar, problem based learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI SD Inpres Klofo melalui metode Problem Based Learning (PBL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus yang terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa metode Problem Based Learning memberikan efek positif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Peserta didik  menjadi lebih antusias, mandiri, aktif, dan berkembang dalam kemampuan berpikir kritis, memecahkan masalah, dan mentransfer pengetahuan untuk memahami masalah dunia nyata.

References

Christin, J. dan Mukzam, D. (2017). Pengaruh motivasi internal dan eksternal terhadap kinerja karyawan (studi kasus pada karyawan pt indomarco prismatama distribution centre bogor). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab) 50 (5)

Djarwo, C. F. (2020). analisis faktor internal dan eksternal terhadap motivasi belajar kimia siswa sma kota Jayapura. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram 7(1)

Handoko, H. T. (2001). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE.

Hartini, Muhfizar, Saryanto, Ningsih, A., Rudiyanto. M., Nasution, F., Nurhikmah, Badrianto, Y., Dewi, N. S., Kasanova, R., Wardhana, A., Djampagau, H. R. D., dan Rochmi, A. (2020). Pengantar Manajemen (Teori Dan Konsep) Bandung: CV. Media Sains Indonesia

Ilyas, H. M. dan Syahid, A. (2018). Pentingnya metodologi pembelajaran bagi guru. Jurnal Al-Aulia 04 (01).

Melayu, H. (1996). Organisai dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misykat, 03 (01)

Prawira, P. A. (2014). Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Yogyakarta, Ar-Ruzz Media.

Syamsidah dan Suryani, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL) Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan. Yogyakarta: Deepublish

Uno, H B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ward, 2002; Stepien, dkk.,(1993). www.lubisgrafura.wordpress.com

Zaduqisti, E. (2010). Problem-Based learning (konsep ideal model pembelajaran untuk peningkatan prestasi belajar dan motivasi berprestasi). Forum Tarbiyah 8 (2).

Downloads

Published

2024-01-11

Issue

Section

Articles

How to Cite

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING. (2024). Jurnal Edusaintek, 1(2), 13-20. https://ejurnal.ips.ac.id/index.php/JE/article/view/21

Similar Articles

1-10 of 24

You may also start an advanced similarity search for this article.