Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Inovasi Pembelajaran bagi Mahasiswa PGSD pada Mata Kuliah Media Pembelajaran TIK

Authors

  • Jean Imaniar Djara Institut Pendidikan Soe Author
  • Novika A. Y. Indu Institut Pendidikan Soe Author
  • Eko Priyani Nomeni Institut Pendidikan Soe Author

Keywords:

Canva, Inovasi Pembelajaran, Media Pembelajaran

Abstract

Tingkat pendidikan Indonesia saat ini mencerminkan tantangan yang dihadapi negara kepulauan terbesar di dunia. Meskipun kemajuan signifikan telah dicapai dalam akses terhadap pendidikan dasar, sejumlah kendala masih menghambat kemajuan Indonesia menuju masa depan yang lebih baik, termasuk dalam meningkatkan kualitas pendidikan di daerah terpencil. Sistem pendidikan masih berfokus pada menghafal daripada mengembangkan pemikiran kritis dan kreativitas, yang penting untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan yang dibutuhkan di era globalisasi. Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat di era globalisasi memberikan dampak yang sangat besar bagi dunia pendidikan. Tuntutan global menuntut dunia pendidikan untuk senantiasa beradaptasi dengan perkembangan teknologi guna meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data primer hasil wawancara terhadap mahasiswa dan data sekunder berupa rancangan modul dijadikan sebagai sumber data. Hasil penelitian didapatkan peserta didik mampu memproduksi teks iklan sesuai ketentuan yang sudah di pelajari sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegunaan dari Aplikasi Canva sebagai media pembelajaran yang kreatif, inovatif dan kolaboratif bagi mahasiswa. Perbandingan hasil survei di awal dan pada akhir pembelajaran serta hasil belajar dengan beberapa praktek menunjukkan bahwa ada gunanya dari aplikasi Canva menunjukkan hasil kreatif dalam menciptakan karya yang lebih baik setelah diberikan perlakuan kepada mahasiswa dalam membuat beberapa jenis media pembelajaran dan alat pembelajaran seperti pembuatan poster, infografis, materi pembelajaran video, modul, media audio visual, media visual, presentasi, dan pembelajaran situs mikro.

 

 

References

Balkist, P. S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Tunadaksa Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas Inklusif. Utile: Jurnal Kependidikan, 6(2), 146-150.

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31-43.

Harefa, D. (2020). Pengaruh Persepsi Guru IPA Fisika Atas Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA di Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 8(3), 112-112.

Irsan, I., Pertiwi, A., & Fina, R. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran inovatif menggunakan canva. Jurnal Abdidas, 2(6), 1412-1417.

Jannah, F. N. M., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan aplikasi canva dalam media pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 138-146.

Kharissidqi, M. T., & Firmansyah, V. W. (2022). Aplikasi canva sebagai media pembelajaran yang efektif. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 2(4), 108-113.

Putri, E. S., Budiana, S., & Gani, R. A. (2023). Pengembangan bahan ajar menggunakan canva pada subtema keberagaman budaya bangsaku. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 104-108.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79-85.

Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas penggunaan aplikasi canva sebagai media pembelajaran ipa mi/sd. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 102-118.

Downloads

Published

2025-01-01

How to Cite

Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Inovasi Pembelajaran bagi Mahasiswa PGSD pada Mata Kuliah Media Pembelajaran TIK. (2025). Jurnal Edusaintek, 2(2), 15-23. https://ejurnal.ips.ac.id/index.php/JE/article/view/68

Similar Articles

1-10 of 16

You may also start an advanced similarity search for this article.