PENGENALAN LITERASI AWAL MELALUI KEGIATAN SPELLING BEE BAGI ANAK – ANAK TK

Authors

  • Sonya V.Ch. Benu Institut Pendidikan Soe Author
  • Dolly I. Neno Institut Pendidikan Soe Author
  • Alse Ona Sabat Institut Pendidikan Soe Author
  • Marthen Ch. Toto Institut Pendidikan Soe Author

Keywords:

Anak Usia Dini, Literasi, Spelling Bee

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengenalkan literasi awal kepada anak usia dini melalui kegiatan Spelling Bee di TK Kristen Bethania Soe, khususnya dalam memperkenalkan kosakata Bahasa Inggris dan angka. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya pengembangan kemampuan literasi sejak usia dini guna mendukung keterampilan bahasa, membaca, menulis, dan menyimak anak dalam kehidupan akademik dan sosialnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik observasi terhadap 13 siswa sebagai data primer dan dokumentasi kegiatan sebagai data sekunder. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan alat bantu berupa kotak baca yang berisi kartu ejaan huruf secara acak. Anak-anak diminta untuk mengeja dan menyusun huruf menjadi kata, kemudian menyebutkan serta memahami arti kata dalam Bahasa Inggris maupun matematika. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang digunakan efektif untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenali huruf, memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf, mengeja, serta membangun kepercayaan diri dan keterampilan sosial anak. Strategi pembelajaran melalui Spelling Bee terbukti dapat memperkuat aspek-aspek perkembangan literasi yang sesuai dengan indikator untuk pencapaian perkembangan anak pada rentang usia 5-6 tahun. Dengan demikian, Spelling Bee menjadi media yang menyenangkan dan edukatif dalam menumbuhkan minat belajar bahasa sejak dini.

References

Masitoh, I., Novalinda, N. A., & Ramadhani, P. A. (2023). Penerapan Pra Literasi pada Anak Usia Dini di TK Fajar. Edu Happiness : Jurnal Ilmiah Perkembangan Anak Usia Dini, 1(1), 40–49. https://doi.org/10.62515/eduhappiness.v1i1.29

Mayasari, W. J. (2018). the Use of Spelling Bee Game To Increase the Students’ Vocabulary Mastery of the Seventh Grade At Smpn I Bantan. Inovish Journal, 3(2), 129. https://doi.org/10.35314/inovish.v3i2.828

Novitasari, K. (2019). Penggunaan Teknologi Multimedia Pada Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(01), 50. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i01.1435

Setiawan, A., Praherdhiono, H., & Suthoni, S. (2019). Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 39–44. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p039

Trimantara, H., & Mulya, N. (2019). Mengembangkan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Alat Permainan Edukatif Puzzle. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 25–34. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4553

Downloads

Published

2025-07-15

How to Cite

PENGENALAN LITERASI AWAL MELALUI KEGIATAN SPELLING BEE BAGI ANAK – ANAK TK . (2025). Jurnal Edusaintek, 3(1), 22-27. https://ejurnal.ips.ac.id/index.php/JE/article/view/115