KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS)

Authors

  • Inggrit Harlenci Nomleni Institut Pendidikan Soe Author
  • Urni Babys Institut Pendidikan Soe Author
  • Yusak I. Bien Institut Pendidikan Soe Author

Keywords:

creative problem solving, kemampuan pemecahan masalah

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan untuk menyelesaikan masalah rutin dan non rutin baik yang diterapkan maupun yang tidak diterapkan dalam pembelajaran matematika. Kemampuan pemecahan masalah meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan kajian tentang kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas yang mendapat pembelajaran model CPS dan siswa yang tidak mendapat pembelajaran CPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model quasi-eksperimental jenis non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Kristen Kesetnana dan sampel penelitian diambil 2 kelas dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dan instrumen yang digunakan adalah tes berupa soal uraian  yang terdiri dari soal pre-test dan post-test. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas kemudian dilanjutakan dengan menggunakan uji t sampel independen dan skor gain. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas yang mendapat pembelajaran model CPS lebih baik dari pada siswa yang tidak mendapat pembelajaran model CPS. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas yang mendapat pembelajaran model CPS berada pada kategori sedang dengan rata-rata skor gain 0,60. Sedangkan data skor gain kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas kontrol sebesar 0,11 yang berkategori rendah.

 

References

Amir, Z., & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.

Budianto, U. T. (2021). Efektivitas Pembelajaran Model Creative Problem Solving Bermuatan Karakter Kemandirian Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, 5(2), 75–81.

Harahap, E. R., Farida, L. N., & Lubis, R. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Bolak Julu. MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(3), 15–22. http://journal.ipts.ac.id/index.php/

Hobri, Ummah, I. K., Yuliati, N., & Dafik. (2020). The effect of jumping task based on creative problem solving on students’ problem solving ability. International Journal of Instruction, 13(1), 387–406. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13126a

Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Bumi Aksara.

Karjono, A., Abidin, Z., & Rukmigarsari, E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Himpunan Kelas VII B SMP N 14 Halmahera-Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021. 16(19), 143–153. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/12562

Lestari, K. E., & Yudhanegara M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.

Lubis, N. A., Ahmad, N. Q., & J, R. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Pada Materi Spldv Di Kelas Viii Smp Negeri 2 Takengon. Jurnal As-Salam, 2(2), 22–32. https://doi.org/10.37249/as-salam.v2i2.30

Muhammad, G. M., Septian, A., & Sofa, M. I. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 315–326.

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. 51.

Roswanti, R., Supandi, S., & Nursyahidah, F. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berkemampuan Matematis Rendah Pada Pembelajaran Creative Problem Solving. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(3), 191–201. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i3.5878

Sulaeman, M. G., Jusniani, N., & Monariska, E. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 66. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.992

Sutiawan, I., Yaniawati, P., & Toharudin, U. (2019). the Use of Creative Problem Solving (Cps) Learning To Increase Efforts in Mathematical Problem Solving Skills and Self Efficacy Junior High School. Jurnal Garda Guru, 1(1), 52.

Wahyudi, & Anugraheni, I. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. In Satya Wacana University Press (Issue August).

Wariyanti, A., Karnasih, I., & Hasratuddin, H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dalam Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pena Edukasi, 8(2), 71–78.

Downloads

Published

2024-01-11

Issue

Section

Articles

How to Cite

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) . (2024). Jurnal Edusaintek, 1(2), 27-34. https://ejurnal.ips.ac.id/index.php/JE/article/view/26

Similar Articles

1-10 of 12

You may also start an advanced similarity search for this article.