UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MELEMPAR BOLA DALAM PERMAINAN KASTI DI SD GMIT BILOTO

Authors

  • Yohanes A. M. Seran Institut Pendidikan Soe Author
  • Migdes Christianto Kause Institut Pendidikan Soe Author
  • Sam Nubatonis Institut Pendidikan Soe Author
  • Figinus K. Dawi Institut Pendidikan Soe Author
  • Ardi Y. Tafuy Institut Pendidikan Soe Author

Keywords:

Melempar bola, Permainan kasti, Keterampilan motorik, PJOK, Pembelajaran aktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya peningkatan keterampilan melempar bola dalam permainan kasti pada siswa SD GMIT Biloto. Latar belakang penelitian didasari oleh rendahnya kemampuan siswa dalam melakukan teknik melempar bola, yang merupakan keterampilan dasar penting dalam permainan kasti. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dan V serta guru PJOK. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam teknik lemparan atas yang memerlukan kekuatan otot dan koordinasi yang lebih baik. Guru PJOK berhasil meningkatkan motivasi siswa melalui pendekatan pembelajaran aktif berbasis permainan. Hambatan utama dalam proses pembelajaran adalah keterbatasan sarana seperti bola dan tongkat pemukul. Meskipun demikian, antusiasme siswa meningkat saat pembelajaran dilakukan dalam bentuk permainan kelompok. Dengan latihan teknik yang rutin, umpan balik langsung, dan penggunaan alat bantu sederhana, keterampilan melempar bola siswa mengalami peningkatan yang signifikan.

References

Allan, V., & Smith, A. (2023). Fundamentals of motor skill learning: Practice design for physical education and sport. Routledge.

Bryman, A. (2020). Social research methods (6th ed.). Oxford University Press.

Casey, A., Goodyear, V., & Armour, K. (2020). Models-based practice in physical education: A sociocritical perspective. Routledge.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Depdiknas. (2003). Kurikulum pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan untuk sekolah dasar. Jakarta: Depdiknas. (Dikutip dalam Setiawan, 2012)

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2019). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed.). SAGE Publications.

Moser, A., & Korstjens, I. (2018). Series: Practical guidance to qualitative research. Part 3: Sampling, data collection and analysis. European Journal of General Practice, 24(1), 9–18.

Riyanto, B. (2017). Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan: Teori dan praktik permainan. Unesa University Press.

Rudd, J. R., Crotti, M., Fitton-Davies, K., O’Callaghan, L., Bardid, F., & Utesch, T. (2020). Skill acquisition in physical education: A focus on practice design. European Physical Education Review, 26(4), 840–864.

Schmidt, R. A., & Lee, T. D. (2011). Motor control and learning: A behavioral emphasis (5th ed.). Human Kinetics.

Setiawan, A. (2012). Pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah dasar. Alfabeta

Downloads

Published

2025-07-15

How to Cite

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MELEMPAR BOLA DALAM PERMAINAN KASTI DI SD GMIT BILOTO. (2025). Jurnal Edusaintek, 3(1), 28-34. https://ejurnal.ips.ac.id/index.php/JE/article/view/116

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1-10 of 19

You may also start an advanced similarity search for this article.