IMPLEMENTASI MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Migdes Christianto Kause Institut Pendidikan Soe Author
  • Dede Rizki Saepullah Universitas Negeri Semarang Author
  • Reza Maulana Universitas Negeri Semarang Author

Keywords:

Model Role Playing, Tokoh Proklamasi Kemerdekaan, Hasil Belajar

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan pelajaran yang wajib dipelajari di SD maupun di jenjang SMP dan SMA, yaitu ilmu yang mengajarkan tentang manusia dalam semua aspek kehidupan dan interaksinya dalam masyarakat. Pembelajaran IPS, guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang aktif, inovatif dan kreatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu; (1) untuk mengetahui aktivitas belajar siswa (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa. Metode PTK-lah yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini dan yang menjadi subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri Kalipancur 01 , Kota Semarang. Dengan jumlah siswa 25 terdiri dari 12 orang berjenis kelamin perempuan dan 13 orang berjenis kelamin laki-laki tahun ajaran 2018 / 2019. Penggunaan model role playing dalam pembelajaran  dapat membuat siswa lebih aktif dan efisien dalam mengikuti proses pembelajaran yang berlangsung, hal ini terbukti dapat dilihat dari tercapainya peningkatan hasil belajar siswa-siswa, mulai dari pra siklus yaitu 16% , siklus 1 yaitu 60% dan siklus II mencapai 99%. Semua itu dapat dilihat dari hasil peningkatan setiap siklusnya.

References

Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaranpermainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 1(1), 77–89.

Anggraini, T., Sukasno, & Kusnanto, A. (2022). Model Kooperatif Tipe Role Playing pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4125–4132.

Huda, Miftahul. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta.

Phytagoras Teorema Was Inspected From The Temperament Of Student In Class VIII SMP N 3 Pengasih Kulon Progo The Academic Year 2013/2014. In Proceeding of International Conference On Research, Implementation And Education Of Mathematics And Sciences (pp. 18–20). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Proklamasi, S., & Bermain, M. (2013). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Melalui Bermain Peran. Journal of Elementary Education, 2(1), 15–22.

Rosmalasari, B., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Kudus, U. M. (2015). Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. AlFABETA,

Wijayanti, A. T. (2015). Implementasi Pendekatan Values Clarivication Technique (Vct) dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1). https://doi.org/10.21831/socia.v10i1.5343

Downloads

Published

2023-11-25

Issue

Section

Articles

How to Cite

IMPLEMENTASI MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN SISWA SEKOLAH DASAR. (2023). Jurnal Edusaintek, 1(1), 8-14. https://ejurnal.ips.ac.id/index.php/JE/article/view/2

Similar Articles

1-10 of 25

You may also start an advanced similarity search for this article.