ANALISIS KENDALA YANG DIHADAPI SISWA SMA KRISTEN 1 SOE DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) SECARA DARING SELAMA PANDEMI COVID-19
Keywords:
PJJ secara Daring, Pandemi Covid-19Abstract
Pandemi Covid-19 mengakibatkan banyak perubahan yang terjadi dalam berbagai aktivitas dalam kehidupan. Salah satu aktivitas yang ikut merasakan dampak pandemi Covid-19 adalah dunia pendidikan yang mengakibatkan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka tidak dapat dilaksanakan sehingga harus diganti dengan Pembelajaran secara daring dengan memanfaatkan media WhatsApp. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kendala yang dihadapi siswa SMA Kristen 1 Soe dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara daring selama Pandemi Covid-19. Subjek penelitian ini terdiri dari 30 siswa dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik analisis data dengan model Miles and Huberman melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase tertinggi kendala yang dialami oleh siswa SMA Kristen 1 Soe selama Pembelajaran Jarak Jauh secara daring adalah kurang memahami materi yang diberikan oleh guru tanpa adanya penjelasan secara lisan dengan presentase yaitu 100%. Untuk mengatasi hal tersebut diharapkan agar dalam pelaksanaan pembelajaran daring, guru-guru tidak hanya menyiapkan modul pembelajaran yang berisi materi dan tugas saja, tetapi guru dituntut untuk mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran yang menarik dan dapat membantu siswa dalam memahami materi melalui pembuatan video pembelajaran.
References
Adiyanta, F.C. S (2019) Hukum dan Studi Penelitian Empiris: Penggunaan Metode Survey sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris. Adminitrative Law & Governance Journal.2(4)
Afni, N., & Jumahir, J. (2020). Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Musawa: Journal for Gender Studies, 12(1), 108–139.
Fajrin, N. D dan S. Wulandari. (2021). Kendala dan Solusi Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Se-Pulau Madura. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual 6(4).
Gusti, S., Nurmiati., Muliana., Oris, K, S., Nih Luh W, S, R., Melda A, M, A, S., Puiji H., Akbar Y, S, T, M., Lulu J, U., Jamaludin., Serli, G, K., Emi, R. B., Samuel, Y, B. 2020.Belajar mandiri pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study
From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2020. Perkembangan Covid-19 di Indonesia.
Larasati, Sari Puteri Deta, Adhetya Cahyani, I. D. L. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3.
Munir. (2012). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Ning Tyas at al. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Tugas Daring Matematika Pada Siswa Kelas IV SDN Tampar Ampar Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4)
Oktafiani, Siska & Hairunnisa (2020) Analisis Penerapan Pembelajaran Daring Pada Siswa Kelas V SD 009 Samarinda Ulu. Jurnal Taman Cendikia.04(02).
Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).
Prawiradilaga, D.S., Ariani, D., & Handoko, H. (2013). Mozaik Teknologi Pendidikan E- Learning. Jakarta: kencana.
Puaspaningtyas, Nicky Dwi & Putri, S.D (2020) Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Pembelajaran Matematika Inofatif 3(6)
Ridha, Firman & Desyandri (2021) Efektifitas Penggunaan Media Video Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Saat Pandemic Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(1):154-162
Sardiman, A.M (2018). interaksi dan motifasi belajar mengajar. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2012. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sobron, Bayu, Rani, & Suswandari, M. 2019. Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Sains Dan Entrepreneurship VI, 1(1), 1–5.
Sriwarthini , Ni Luh Putu Nina Muhammad Syazali dan Deni Sutisna. 2020. Kesiapan Mahasiswa Menghadapi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid – 19. 2(2):184-191.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: alfabeta.
De Porter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Penerbit Kaifa.
Fauziddin. 2014. Pembelajaran PAUD Bermain Cerita Menyanyi Secara Islami. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya.
Sujimat, D. Agus. 2000. Penulisan karya ilmiah. Makalah disampaikan pada pelatihan penelitian bagi guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo
Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalam Saukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. Malang: UM Press.
UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Helsi O. K. Kause, Nonci Melinda Uki, Meti O. F. I. Tefu (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.