PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA
Keywords:
gadget, minat belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gadget terhadap minat belajar siswa SD Inpres Oehala. penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar kuesioner dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh gadget terhadap minat belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, minat belajar siswa kelas II SD Inpres Oehala dikategorikan tinggi. Hal ini dinyatakan berdasarkan analisis data nilai angket minat belajar. Berdasarkan 20 siswa yang diteliti sebanyak 5 siswa (28,5%) berada pada kategori sangat tinggi. Selanjutnya 15 siswa (71,5%) berada pada kategori sedang. Penggunaan gadget siswa SD Inpres Oehala menunjukkan bahwa dari 20 siswa yang diteliti, 5 siswa yang menggunakan gadget mendapat kategori sangat setuju (25%), kategori setuju berjumlah 12 siswa (60%), 2 siswa yang mendapat kategori tidak setuju (10%), dan siswa yang mendapat kategori sangat tidak setuju berjumlah 1 siswa (5%). Hal tersebut menunjukkan secara umum bahwa, penggunaan gadget terhadap minat belajar siswa berada pada kategori tinggi.
References
Achru, A. (2019). Perkembangan Minat Belajar dalam Pembelajaran. Jurnal idaarah, 3(2), 205-215.
Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan untuk Membentuk Karakter dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920.
Azizul, A., Riski, W. Y., Fitriyani, D. I., & Sari, I. N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Komik di Gital pada Mater Gerak. Vox Edokasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2). https://doi.org/10.31932/ve.v11i2.829.
Bungin, B. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakatra : Prenada Media Group.
Dewi, E. (2019). Potret Pendidikan Era Globalisasi Teknosentrime dan Proses Dehumanisasi. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3 (1), 93-116. https://doi.org/10.32533/03105.2019.
Djamarah S.B. & Zain, A. (2019). Strategi Belajar Mengajar (4th ed). Jakarta : Rineka Cipta.
Fitra, Indiana. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini di Paud dan TK Taruna Islam Peken Baru. Jurnal Photon, 9(1), 208-213.
Hadaya, A. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin dan Minat Belajar Peserta Didik. Research and Development Journal Of Education, 4(2). https://doi.org/10.30998/rdje.v4i23380.
Harahap, R. S., & Ely, R. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1). https://www.jin.unsyiah.ac.id/pgsd/article/view/8649.
Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget dalam Kehidupan (The Effect Of Use Of Gadget In Life).
Musariffah, N. A. (2018). Hubungan Penggunaan Smartphone dengan Minat Belajar Siswa SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3).
Nurhalipah, R., Yustiana, M., Saeni, S., & Muslih, M. (2020). Pengaruh Gadget Terhadap Minat Belajar pada Anak-Anak. Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF), 1(1),172-177.
Patricia, A. (2020). College Students’Use and Acceptance of Emergency Online Learning Due to COVID-19. International Journal of Educational Research Open, 100011. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100011.
Rozalia, M.F. (2017). Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, 5(2), 722– 731. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v5i2.4821
Rumengan, Y,. & Talakua, C. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Smartphone terhadap Minat Belajar Siswa SMA Negeri 1 Seram Utara Barat. Jurnal BIOEDUN: Program Study Pendidikan Biologi, 10(2), 33-40.
Sari & Mirna Intan. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kelas V MI Thoriqotussa’adah Pujon Kabupaten Malang. Undergraduate Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitafit, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing:Tingkatan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi 3(2). Haura Publishing.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.