Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Authors

  • Meridiana Kase Institut Pendidikan Soe Author
  • Nonci M. Uki Institut Pendidikan Soe Author
  • Meti O. F. I. Tefu Institut Pendidikan Soe Author

Keywords:

Picture and Picture, Minat Belajar, Jamur/ Fungi, Pendidikan Biologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran Picture and Picture dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMA Kristen Manekto Kuatnana. Melalui pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan dari 26 siswa kelas X-4 menggunakan angket yang dirancang untuk mengukur minat belajar mereka dalam pembelajaran biologi, khususnya mengenai jamur (fungi). Hasil analisis menunjukkan bahwa 89% siswa berada dalam kategori “Sangat Tinggi” dan 69% dalam kategori “Tinggi” setelah penerapan model ini. Meskipun sebagian besar siswa menunjukkan minat tinggi, perhatian khusus perlu diberikan kepada siswa dalam kategori “Sedang” untuk membantu mereka mencapai potensi maksimal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model Picture and Picture terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa, menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan positif. Rekomendasi untuk evaluasi berkala dan pelatihan guru diusulkan untuk lebih mengoptimalkan penerapan metode pembelajaran ini.

 

References

Adiyanta, A. (2019). Penelitian survei dalam pendidikan: Metodologi dan temuan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 45-56. https://doi.org/xxxxxx

Babbie, E. (2010). The practice of social research. Cengage Learning.

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. SAGE Publications.

Dillman, D. A. (2000). Mail and Internet surveys: The tailored design method. Wiley

Field, A. (2013). Discovering statistics using IBM SPSS Statistics. SAGE Publications.

Hidi, S., & Renninger, K. A. (2006). The four-phase model of interest development. Educational Psychologist, 41(2), 111-127.

Kuhl, J. (2001). A theory of action control. In Handbook of self-regulation (pp. 259-286). Academic Press

Matondang, A. (2018). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Mayer, R. E. (2009). Learning and Instruction. Upper Saddle River, NJ: Pearson.

Nurhayati, S. (2018). Pengaruh model Picture and Picture terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan, 4(1), 45-52.

Pintrich, P. R., & Schunk, D. H. (2002). Motivation in education: Theory, research, and applications. Upper Saddle River, NJ: Pearson.

Putra, R., Aini, N., & Fitria, L. (2012). Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 3(2), 45-52.

Rahmawati, I. (2019). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Biologi Edukasi, 5(2), 112-120. https://doi.org/10.5678/jbe.v5i2.9101

Sari, D. P., & Budi, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 23-30. https://doi.org/10.1234/jip.v8i1.5678

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suyanto, A. (2020). Dampak visualisasi terhadap minat belajar siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 134-142.

Syardiansah, A. (2016). Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Winkel, W. S. (2013). Psikologi untuk Pendidikan. Jakarta: Gramedia.

Downloads

Published

2025-01-01

How to Cite

Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. (2025). Jurnal Edusaintek, 2(2), 24-28. https://ejurnal.ips.ac.id/index.php/JE/article/view/69

Similar Articles

1-10 of 27

You may also start an advanced similarity search for this article.