Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa
Keywords:
Picture and Picture, Minat Belajar, Jamur/ Fungi, Pendidikan BiologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran Picture and Picture dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMA Kristen Manekto Kuatnana. Melalui pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan dari 26 siswa kelas X-4 menggunakan angket yang dirancang untuk mengukur minat belajar mereka dalam pembelajaran biologi, khususnya mengenai jamur (fungi). Hasil analisis menunjukkan bahwa 89% siswa berada dalam kategori “Sangat Tinggi” dan 69% dalam kategori “Tinggi” setelah penerapan model ini. Meskipun sebagian besar siswa menunjukkan minat tinggi, perhatian khusus perlu diberikan kepada siswa dalam kategori “Sedang” untuk membantu mereka mencapai potensi maksimal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model Picture and Picture terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa, menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan positif. Rekomendasi untuk evaluasi berkala dan pelatihan guru diusulkan untuk lebih mengoptimalkan penerapan metode pembelajaran ini.
References
Adiyanta, A. (2019). Penelitian survei dalam pendidikan: Metodologi dan temuan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 45-56. https://doi.org/xxxxxx
Babbie, E. (2010). The practice of social research. Cengage Learning.
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. SAGE Publications.
Dillman, D. A. (2000). Mail and Internet surveys: The tailored design method. Wiley
Field, A. (2013). Discovering statistics using IBM SPSS Statistics. SAGE Publications.
Hidi, S., & Renninger, K. A. (2006). The four-phase model of interest development. Educational Psychologist, 41(2), 111-127.
Kuhl, J. (2001). A theory of action control. In Handbook of self-regulation (pp. 259-286). Academic Press
Matondang, A. (2018). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Mayer, R. E. (2009). Learning and Instruction. Upper Saddle River, NJ: Pearson.
Nurhayati, S. (2018). Pengaruh model Picture and Picture terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan, 4(1), 45-52.
Pintrich, P. R., & Schunk, D. H. (2002). Motivation in education: Theory, research, and applications. Upper Saddle River, NJ: Pearson.
Putra, R., Aini, N., & Fitria, L. (2012). Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 3(2), 45-52.
Rahmawati, I. (2019). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Biologi Edukasi, 5(2), 112-120. https://doi.org/10.5678/jbe.v5i2.9101
Sari, D. P., & Budi, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 23-30. https://doi.org/10.1234/jip.v8i1.5678
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suyanto, A. (2020). Dampak visualisasi terhadap minat belajar siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 134-142.
Syardiansah, A. (2016). Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Winkel, W. S. (2013). Psikologi untuk Pendidikan. Jakarta: Gramedia.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.