KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR)

Authors

  • Ordiance Bansele Institut Pendidikan Soe Author
  • Yusak I. Bien Institut Pendidikan Soe Author
  • Urni Babys Institut Pendidikan Soe Author

Keywords:

model AIR, pemahaman konsep matematis

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk menghasilkan kajian tentang kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada kelas yang mendapat pembelajaran model AIR dan kelas yang tidak mendapat pembelajaran model AIR. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model quasi-eksperimental jenis non-equivalent control group design. Teknik sampling menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa soal uraian yang disusun berdasarkan indikator kemampuan pemahaman konsep matematis. Tes dilakukan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dan dilakukan sebanyak dua kali yaitu pre-test dan post-test. Teknik analisis data menggunakan uji t sampel independen untuk mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol serta skor gain untuk mengetahui kriteria peningkataan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada kelas yang mendapat pembelajaran model AIR lebih baik dari pada kelas yang tidak mendapat pembelajaran model AIR. Rata-rata peningkatan pada kelas eksperimen adalah 0,40 dengan kriteria sedang sedangkan rata-rata peningkatan pada kelas kontrol adalah 0,27 dengan kriteria rendah.

References

Abrar, M., Apriliani, V dan Yunus, J. 2020. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP melalui Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition. STATMAT (Jurnal Statistika dan Matematika), 2(2): 158-166.

Agustina, A dan Fuadiah, N. F. 2018. Kemampuan Pemamahaman Konsep Matematika Siswa dalam Penerapanan Model Penemuan Terbimbing. LEMMA: Letters of Mathematics Education, 5(1):52-60.

Handayani, F., Suartana, I. K dan Sentosa, I. P. P 2019. Implementasi Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Media Edukasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1): 1-10.

Lestari, K. E dan Yudhanegara. M. R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditma.

Lestariani, D. S., Supriadi, N. dan Putra, R. W. Y. 2020. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air). Jurnal de Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2):26-33.

Nuralam dan Maulidayani. 2020. Capaian Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dengan Model AIR. JURNAL NUMERACY, 7(1):35-48.

Permendikbud. 2014. Peraturan Pendidikan dan Kebudayaan No 58 Tahun 2014. Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Permendikbud.

Purnomo, B. 2018. Pemahaman Konsep Matematika Siswa melalui Model Pembelajaran AIR (Auditory Intellectualy Repetition) dan Course Review Horay. Jurnal Ilmiah: SOULMATH, 6(1):1-14.

Sarniah, S., Anwar, C. dan Putra, R. W. Y. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1): 87-96.

Sumiati, D., Bahar, A. dan Handayani, D. 2019. ‘’Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectualy dan Repetition (AIR) dengan Menggunakan Media Pembelajaran Kartu Arisan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA 1 SMAN 8 Kota Bengkulu’’. ALOTROP, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 3 (2): 114-122.

Taemnanu, A., Meha, A. M dan Tnunay, P. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Berbantuan Media Ular Tangga Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMP Negeri 1 Kupang Tengah. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 5(1):18-23.

Talib, A., Ihsan, H dan Fairul, M. 2018. Komparasi Pemahaman Konsep Matematis Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Auditory intellectually Repetition (AIR) dan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching (RT). Issues in Mathematics Education, 2(2):100-106.

Yulianah, L., Ni’mah, K. dan Rahayu, D. V. 2020. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Berbantuan Media Schoology. Jurnal Derivat, 7(1): 39-45.

Yuliani, E. N., Zulfah dan Zulhendri. 2018. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kuok melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2): 91-100.

Yuliani,Y., Uswatun, D. A dan Sutisnawati, A. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectualy dan Repetition (AIR) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1):11-23.

Downloads

Published

2023-11-25

Issue

Section

Articles

How to Cite

KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR). (2023). Jurnal Edusaintek, 1(1), 22-29. https://ejurnal.ips.ac.id/index.php/JE/article/view/4

Similar Articles

1-10 of 16

You may also start an advanced similarity search for this article.