Transformasi Kepemimpinan OSPA (Organisasi Santri Pondok Pesantren Asshiddiqiyah) yang Beretika dan Berintegritas

Authors

  • Eka Melia Universitas Pamulang Author
  • Edi Priatna Universitas Pamulang Author
  • Nanda Aprillia Najwa Universitas Pamulang Author
  • Rinda Mawar Rianti Universitas Pamulang Author
  • Miliyati Zalukhu Universitas Pamulang Author
  • Imas Masriah Universitas Pamulang Author
  • Nurzaman Universitas Pamulang Author

Keywords:

Kepemimpinan santri, integritas, etika, pengabdian masyarakat, pesantren, OSPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mentransformasi kepemimpinan Organisasi Santri Pondok Pesantren Asshiddiqiyah (OSPA) yang beretika dan berintegritas di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 06 Serpong. Kegiatan dilaksanakan melalui seminar, pelatihan, dan simulasi kepemimpinan yang dirancang secara kontekstual sesuai kebutuhan peserta. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan partsipatif dan kolaboratif. Hasil program menunjukkan tingkat partisipasi dan antusiasme yang sangat tinggi, dengan 100% kehadiran peserta dan tingkat kepuasan 87,5% berada pada kategori "sangat puas". Peningkatan signifikan terlihat dalam pemahaman peserta mengenai kepemimpinan berbasis etika dan integritas, serta kemampuan mereka dalam menerapkan keterampilan kepemimpinan melalui simulasi. Program ini juga menghadapi tantangan seperti keterbatasan waktu dan sarana, yang berhasil diatasi dengan pendekatan adaptif. Sebagai tindak lanjut, disusun strategi keberlanjutan melalui sistem monitoring internal dan kolaborasi dengan perguruan tinggi. Program ini tidak hanya berdampak positif bagi santri, tetapi juga memberikan pengalaman kontekstual yang berharga bagi tim pengabdian dari Universitas Pamulang. Model ini berpotensi direplikasi di pesantren lain dalam upaya pengembangan kepemimpinan muda yang beretika dan berintegritas.

References

Azra, A. (2020). Pendidikan Islam di Era Globalisasi: Peluang dan Tantangan. Jurnal Pendidikan

Islam, 6(2), 143-162.

Darmawan, R., Prasetyo, Y. A., & Kurniawan, F. (2023). Efektivitas Metode Simulasi dalam

Pengembangan Kepemimpinan di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan

Islam, 8(1), 72-89.

Fadhli, M., Rahman, M. A., & Suhendro, D. (2022). Pendekatan Holistik dalam Pengembangan

Kepemimpinan di Pesantren Modern: Studi Kasus di Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Karakter,

(1), 87-102.

Fatimah, S., Riyanto, Y., & Wijaya, C. (2019). Hambatan dan Tantangan Program Pengembangan

Kapasitas di Lingkungan Pesantren. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 187-196.

Fauzi, A. (2019). Model Kepemimpinan Transformasional di Pesantren Modern: Telaah

Pengembangan Organisasi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 45-60.

Hidayat, N., & Machali, I. (2018). Penguatan Kelembagaan Pesantren di Era Disrupsi Teknologi.

Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 237-252.

Hidayatullah, M. F., & Arifin, S. (2021). Integrasi Nilai Etika dan Integritas dalam Program Pelatihan

Kepemimpinan: Studi pada Pesantren di Jawa Barat. Jurnal Pengembangan Sumber Daya Insani,

(2), 115-128.

Lukens-Bull, R. (2016). Pesantren, Tradition, and Modernity in Indonesian Islamic Education. Journal

of Islamic Studies, 27(3), 365-385.

Mahfudh, S., & Khambali, M. (2020). Strategi Keberlanjutan Program Pengabdian Masyarakat di

Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 56-71.

Nugroho, A., & Ismail, A. (2022). Efektivitas Simulasi dan Praktik Langsung dalam Program

Pengembangan Kepemimpinan Santri. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 9(2),

-170.

Rahman, K., & Wajdi, F. (2020). Sustainability dalam Program Pengabdian Masyarakat: Konsep dan

Implementasi di Pesantren Indonesia. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 5(2), 185-200.

Raihani. (2017). Kepemimpinan Beretika dalam Konteks Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam,

(1), 69-84.

Siregar, H. N., & Budiarto, H. (2022). Penguatan Organisasi Santri sebagai Sarana Pengembangan

Soft Skill di Era Digital. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 9(1), 43-58.

Supandi, A., & Rahmawati, D. (2020). Pelatihan Kepemimpinan Kontekstual bagi Santri: Studi Kasus

di Pesantren Modern Jawa Tengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 213-228.

Sutarto, J., & Jaedun, A. (2018). Pendekatan Partisipatif dan Kolaboratif dalam Program

Pengembangan Kapasitas Lembaga Pendidikan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 145

Wahid, A., & Maksum, A. (2021). Menumbuhkan Fondasi Kepemimpinan Beretika di Lembaga

Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 89-104.

Zarkasyi, H. F. (2018). Kultur Pesantren dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan. Jurnal

Pendidikan Islam, 4(1), 123-142.

Downloads

Published

2025-07-15

How to Cite

Transformasi Kepemimpinan OSPA (Organisasi Santri Pondok Pesantren Asshiddiqiyah) yang Beretika dan Berintegritas. (2025). Jurnal Edusaintek, 3(1), 1-9. https://ejurnal.ips.ac.id/index.php/JE/article/view/109