Transformasi Kepemimpinan OSPA (Organisasi Santri Pondok Pesantren Asshiddiqiyah) yang Beretika dan Berintegritas
Keywords:
Kepemimpinan santri, integritas, etika, pengabdian masyarakat, pesantren, OSPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mentransformasi kepemimpinan Organisasi Santri Pondok Pesantren Asshiddiqiyah (OSPA) yang beretika dan berintegritas di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 06 Serpong. Kegiatan dilaksanakan melalui seminar, pelatihan, dan simulasi kepemimpinan yang dirancang secara kontekstual sesuai kebutuhan peserta. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan partsipatif dan kolaboratif. Hasil program menunjukkan tingkat partisipasi dan antusiasme yang sangat tinggi, dengan 100% kehadiran peserta dan tingkat kepuasan 87,5% berada pada kategori "sangat puas". Peningkatan signifikan terlihat dalam pemahaman peserta mengenai kepemimpinan berbasis etika dan integritas, serta kemampuan mereka dalam menerapkan keterampilan kepemimpinan melalui simulasi. Program ini juga menghadapi tantangan seperti keterbatasan waktu dan sarana, yang berhasil diatasi dengan pendekatan adaptif. Sebagai tindak lanjut, disusun strategi keberlanjutan melalui sistem monitoring internal dan kolaborasi dengan perguruan tinggi. Program ini tidak hanya berdampak positif bagi santri, tetapi juga memberikan pengalaman kontekstual yang berharga bagi tim pengabdian dari Universitas Pamulang. Model ini berpotensi direplikasi di pesantren lain dalam upaya pengembangan kepemimpinan muda yang beretika dan berintegritas.
References
Azra, A. (2020). Pendidikan Islam di Era Globalisasi: Peluang dan Tantangan. Jurnal Pendidikan
Islam, 6(2), 143-162.
Darmawan, R., Prasetyo, Y. A., & Kurniawan, F. (2023). Efektivitas Metode Simulasi dalam
Pengembangan Kepemimpinan di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan
Islam, 8(1), 72-89.
Fadhli, M., Rahman, M. A., & Suhendro, D. (2022). Pendekatan Holistik dalam Pengembangan
Kepemimpinan di Pesantren Modern: Studi Kasus di Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Karakter,
(1), 87-102.
Fatimah, S., Riyanto, Y., & Wijaya, C. (2019). Hambatan dan Tantangan Program Pengembangan
Kapasitas di Lingkungan Pesantren. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 187-196.
Fauzi, A. (2019). Model Kepemimpinan Transformasional di Pesantren Modern: Telaah
Pengembangan Organisasi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 45-60.
Hidayat, N., & Machali, I. (2018). Penguatan Kelembagaan Pesantren di Era Disrupsi Teknologi.
Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 237-252.
Hidayatullah, M. F., & Arifin, S. (2021). Integrasi Nilai Etika dan Integritas dalam Program Pelatihan
Kepemimpinan: Studi pada Pesantren di Jawa Barat. Jurnal Pengembangan Sumber Daya Insani,
(2), 115-128.
Lukens-Bull, R. (2016). Pesantren, Tradition, and Modernity in Indonesian Islamic Education. Journal
of Islamic Studies, 27(3), 365-385.
Mahfudh, S., & Khambali, M. (2020). Strategi Keberlanjutan Program Pengabdian Masyarakat di
Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 56-71.
Nugroho, A., & Ismail, A. (2022). Efektivitas Simulasi dan Praktik Langsung dalam Program
Pengembangan Kepemimpinan Santri. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 9(2),
-170.
Rahman, K., & Wajdi, F. (2020). Sustainability dalam Program Pengabdian Masyarakat: Konsep dan
Implementasi di Pesantren Indonesia. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 5(2), 185-200.
Raihani. (2017). Kepemimpinan Beretika dalam Konteks Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam,
(1), 69-84.
Siregar, H. N., & Budiarto, H. (2022). Penguatan Organisasi Santri sebagai Sarana Pengembangan
Soft Skill di Era Digital. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 9(1), 43-58.
Supandi, A., & Rahmawati, D. (2020). Pelatihan Kepemimpinan Kontekstual bagi Santri: Studi Kasus
di Pesantren Modern Jawa Tengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 213-228.
Sutarto, J., & Jaedun, A. (2018). Pendekatan Partisipatif dan Kolaboratif dalam Program
Pengembangan Kapasitas Lembaga Pendidikan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 145
Wahid, A., & Maksum, A. (2021). Menumbuhkan Fondasi Kepemimpinan Beretika di Lembaga
Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 89-104.
Zarkasyi, H. F. (2018). Kultur Pesantren dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan. Jurnal
Pendidikan Islam, 4(1), 123-142.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.