PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP KRISTEN 3 SOE
Keywords:
Problem Based Learning, Minat Belajar, Pembelajaran BiologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan minat belajar siswa pada materi sistem pencernaan di SMP Kristen 3 Soe. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dengan tipe one-shot case study dan melibatkan 28 siswa kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan minat belajar siswa, dengan 39,29% siswa menunjukkan minat belajar yang tinggi dan 21,43% siswa menunjukkan minat yang sangat tinggi. Meskipun demikian, masih ada 28,57% siswa yang menunjukkan minat belajar yang rendah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model PBL efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa dan menyarankan agar guru dapat menggunakan model ini sebagai alternatif metode pembelajaran. Selain itu, penelitian lanjutan dapat dilakukan untuk mengetahui efektivitas model PBL dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Buck-Institute-For-Education. (2025). What Is PBL. https://www.pblworks.org/services-overview
Dhiyaul, L., Kusdiono, & P. (2024). Penerapan model Problem-Based Learning (PBL) untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IXG SMPN 22 Semarang. Dalam Seminar Nasional Pendidikan dan Penelitian Tindakan Kelas. 933–938.
Ghozali, I. (2016) A. A. M. D. P. I. S. 23. E. 8. S. B. P. U. D. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ismail, R., & Imawan, O. R. (2022). The Effectiveness of Problem-based Learning in Terms of Learning Achievement, Problem-Solving, and Self-Confidence. Proceedings of the 5th International Conference on Current Issues in Education (ICCIE 2021) (E. in C. Suprapto, Ph.D., M. P. Prof. Dr. Moch. Bruri Triyono, M. S. Dr. Arif Rohman, D. G. K. Kassymova, & E. D. Ashadi, M.Hum. (eds.); Vol. 640). https://doi.org/10.2991/assehr.k.220129.043.
Ismail, R., Imawan, O. R., Inayah, S., Trisnawati, Nirfayanti, Kau, M. S., Sidqiyah, M., Ernawati, Sulfiati, Y., Arianto, Nasrullah, A., Anas, & Yuliati, Y. (2024). Pembelajaran dengan Problem-Based Learning: Strategi dan Implementasi. CV. Edupedia Publis.
Kase, M., Uki, N.M., Tefu, M. (2023). Jurnal edusaintek. November, 1–7.
Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu, 5(1), 13–18.
Munib, A. (2011). Dasar-Dasar Pendidikan. Alfabeta.
Natalia, R. H. dan W., & Natalia, W. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SEKOLAH DASAR Oleh : Rusmin Husain dan Widya Natalia ( Universitas Negeri Gorontalo ) PENDAHULUAN Hasil belajar merupakan hasil dari suatu interak. E-Proceeding Gorontalo University, 1, 1–16.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Alfabeta.
Wang, C. C. (2021). The process of implementing problem-based learning in a teacher education programme: an exploratory case study. Cogent Education, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.1080/2331186X.2021.1996870
Yuniar, R., Nurhasanah, A., Rahman Hakim, Z., & Asih Vivi Yandari, I. (2022). Peran Guru Dalam Pelaksanaan Model Pbl (Problem Based Learning) Sebagai Penguatan Keterampilan Berpikir Kritis. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1134–1150. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6408
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.