PENGARUH SELF EFFICACY DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Authors

  • I Meriat Boimau Institut Pendidikan Soe Author
  • Urni Babys Institut Pendidikan Soe Author
  • Netty J. M. Gella Institut Pendidikan Soe Author

Keywords:

self efficacy, minat belajar dan prestasi belajar matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki sejauh mana self-efficacy dan minat belajar berkontribusi terhadap prestasi belajar matematika siswa. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Populasi terdiri atas seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 2 Soe tahun ajaran 2024/2025, dengan total 12 kelas. Pemilihan sampel dilakukan secara acak sederhana dan diperoleh satu kelas sebagai representasi. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur self-efficacy dan minat belajar, sedangkan data prestasi belajar matematika diperoleh dari nilai UTS siswa. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil pengolahan data menghasilkan model regresi: Ŷ = 72.475+0.362X1 + 0.229X2. Self-efficacy memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai thitung = 2,750 > ttabel =2.052. Minat belajar juga menunjukkan pengaruh signifikan (t-hitung 2,605 > 2,052). Secara simultan, keduanya memberikan pengaruh yang berarti terhadap prestasi belajar matematika siswa (Fhitung = 2,204 > Ftabel = 2,052). Kontribusi kedua variabel tersebut sebesar 14%, sementara 86% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam ruang lingkup penelitian ini.

References

Abdi, S. dan Rahmania, D. 2023. “The Effect of Learning Interest and Self Efficacy on Junior High School Students’ Learning Achievement”. Journal of Professionals in Guidance and Counseling, 4(1): 20-28

Amir, Z. dan Risnawati. 2015. Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Ashri, D. N. dan Khaerunnisa, E. 2022. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori APOS Ditinjau dari Self Efficacy Siswa”. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (Jumadika), 4( 2): 72-81

Asiyah, Walid, A. dan Kusumah, R. G. T. 2019. “Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa pada Mata Pelajaran IPA”. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3): 217-226

Fauziana. 2022. “Pengaruh Self Efficacy terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah IPA”. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(1): 151-162

Heriyati. 2017. “Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika” Jurnal Formatif, 7(1): 22-32

Indirwan, Suarni, W. dan Priyatmo, D.2021 “Pentingnya Self-Efficacy terhadap Prestasi Belajar Matematika”. Jurnal Sublimapsi, 2(1): 61-70

Lestari, K. E., dan Yudhanegara, M. R. 2017. “Penelitian Pendidikan Matematika” Bandung: Refika Aditama.

Nainggolan, H. 2022. “Pengaruh Literasi Keuangan, Kontrol diri dan Penggunaan E-Money terhadap perilaku konsumfit pekerja produksi PT Pertamina Balikpapan”. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 5(1): 81-84

Ramirez, G. dkk. 2018. “Teacher Math Anxiety Relates to Adolescent Students' Math Achievement”. AERA Open, 4(1):1-13.

Slameto. 2013. “Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi”. Jakarta: Rineka Cipta

Sutisna, D., Megiati, Y. E. dan Pratiwi, N.K. 2022. “Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika”.Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, : 203-210.

Thalib, M. D. 2019. “Membangun Motivasi Belajar dengan Pendekatan Kecerdasan Emosional dan Spiritual. Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press.

Trigueros, R. dkk. 2019. “The Role of Perception of Support in the Classroom on the Students' Motivation and Emotions:The Impact on Metacognition Strategies and Academic Performance in Math and English Classes”.Frontiers in Psychology, 10, 2794

Widana, I. W. dan Muliana, P. L. 2020. Uji Prasyarat Analisis. Lumajang: Klik Media.

Wulanningtyas, M. E. dan Ate, H. M.2020. “Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika”. Disajikan dalam Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, “Strategi dan Implementasi Pendidikan Karakter pada Era Revolusi Industri4.0, 2(1): 166-169.

Wulansari, N. H. dan Manoy, J. T, J. 2020. “Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Selama Study at Home”. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 4(2): 73-81.

Downloads

Published

2025-07-15

How to Cite

PENGARUH SELF EFFICACY DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. (2025). Jurnal Edusaintek, 3(1), 51-60. https://ejurnal.ips.ac.id/index.php/JE/article/view/119

Similar Articles

11-20 of 23

You may also start an advanced similarity search for this article.