PENERAPAN ALAT PERAGA SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Keywords:
Alat Peraga, Sistem Pencernaan Pada Manusia, dan Hasil BelajarAbstract
Pembelajaran biologi masih berfokus pada guru, buku dan metode yang digunakan yaitu metode ceramah sehingga media pembelajaran alat peraga masih kurang diterapkan dalam proses mengajar yang mengakibatkan siswa menjadi malas, kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran, sehingga dalam proses pembelajaran pada hasil belajar siswa menyebabkan 35% siswa yang mencapai KKM sedangkan 65% yang tidak mencapai KKM. Hasil belajar siswa yang mengalami penurunan KKM, dipengaruhi oleh penggunaan metode pembelajaran yang kurang efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan alat peraga dengan meningkatkan hasil belajar siswa pada sistem pencernaan manusia di SMP Negeri 1 Mollo Utara. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan metode desain One Group Pre-test Post-test Design, pengambilan sampel secara random sampling. Analisis data menggunakan instrumen tes berbentuk pilihan ganda dengan empat jawaban alternatif dan menggunakan uji N-gain untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis uji N-gain didapat hasil analisis sebesar 0,65 termasuk kriteria sedang sedangkan rata-rata hasil belajar siswa saat pre-test 71,17 dan hasil post-test di peroleh 86,35, dari nilai rata-rata ini mengalami peningkatan sebesar 15,18. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII2 SMP Negeri 1 Mollo Utara pada materi sistem pencernaan pada manusia dan penerapan alat peraga.
References
Adinugraha, F. (2018). Media Pembelajaran Biologi Berbasis Ecopreneurship. Formatif. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3).
Ahmadi, I. K. (2014). Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Asma, N. (2014). Model Pembelajaran Kooperatif. Padang: UNP Press Padang.
Ayuardini, M. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Flipbook pada Pembahasan Biologi. Jurnal Kependidikan, 15(4), 259-271.
Hartati, V. K. (2021). Penerapan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Belajar IPA Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Pada Siswa Kelas VIIIg Semester 1 SMP Negeri 2 Tuntang Tahun Pelajaran 2019/2020. Pendar Cahaya: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 51-60.
Isnaini, M. W. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran torso terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan pada manusia di SMP Negeri 19 Palembang. Jurnal Biota, 1(1), 42-51.
Jayawardanah, H. B. (2017). Paradigma Pembelajaran Biologi Era Digital. Jurnal Bioedukatika, 5(1), 12-17.
Juwariyah, J. (2014). Alat Peraga dan Media Pembelajaran Kimia. Jurnal Visipena, 4(1), 1-13.
Kurniawan, R. S. (2015). Teknologi Game untuk Pembelajaran bagi Anak dengan ADHD. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, 10(4), 346-353.
Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Milawati, S. K. (2022). PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TENTANG SISTEM PENCERNAAN MELALUI METODE DEMONSTRASI. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 2(2), 32-37.
Nomleni, F. T. (2014). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga dari Bahan Bekas Tentang System Peredaran Darah pada Manusia Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Kota Kupang Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2).
Nurzannah, S. (2022). Peran Guru dalam Pembelajaran Biologi. Journal of Education, 26-34.
Ratnaputri, A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik melalui Problem Basic Learning dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(1), 138-148.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.